Kamis, 10 Desember 2015

Interpretasi BTS-Run


   Annyeong Armydeul ^^
   Masih suka bingung mikir teorinya BigHit? Kwkwk, daripada bingung-bingung mikir tuh teori, ini nae bawain interpretasi lagu baru mereka. Yak, Run. Bedanya translate sama interpretasi itu, kalo translate kan cuma diterjemahin kata per katanya aja. Kalo interpretasi, tiap kata itu ada maknanya. Jadi kita ditantang buat nyari makna dari keseluruhan isi lagu tersebut. Okedeh, daripada muter mulu, yuk di scroll down :D

(Rap Monster)
You are my only sun, the only one in the world
I bloomed towards you but you always make me thirsty
It’s too late, too late, I can’t live without you
Even if I say don’t go, and reach out my hands

   Halo, matahariku. Satu-satunya radiasi elektromagnetik yang kumiliki. Penghantar energi tanpa medium paling kuat di jagat raya ini. Tidakkah kau sadari aku selalu tumbuh untukmu? Layaknya bunga, aku terus mekar dan bersemi. Terus tumbuh, berkembang, dan menjadi dewasa. Tapi mengapa aku terus merasa haus? Mengapa aku merasa terus berhenti di tempatku berada? Mengapa aku tak bisa mendapatkan sedikit dari kekuatanmu? Aku benar-benar tak bisa hidup tanpamu. Tolong ajak aku kemanapun kau pergi. Kau tak mungkin tega kan membiarkan bunga kecil ini mati sia-sia?

(Suga)
I tried to hold your hands but at any moment I’ll be awaken from this dream
Even if I run like crazy, I’m only standing still
Just burn me, okay, just push me aside
This is the race of someone who is crazy from love

   Berlari dan terus berlari sampai aku lelah sendiri. Melompat tinggi sampai jauhnya bulan bisa kugapai. Berenang jauh sampai luasnya samudera bisa kususuri. Tapi tidak, ternyata semua hanya mimpi. Aku saja yang terus berusaha menghibur diri. Berusaha keluar dari titikku, namun tak sanggup. Terus bermain-main dalam lingkaranku sendiri. Aku ingin selalu berpegangan erat padamu. Aku ingin kau selalu ada untukku. Namun semakin kudekati, kau semakin panas. Kau membakarku, menghancurkanku tanpa sisa.

(Jin)
Make me run even more make me run even more
Even if my feet are only full of wounds
Because when I see your face, I smile

   Lakukan saja apa yang kau mau. Panasmu tak akan membuatku terbakar. Pukulanmu tak akan membuatku menangis. Lakukan, aku takkan pernah melarangnya. Meski aku harus berlari sampai kakiku bernanah pun, aku tak peduli. Hukum alam ini yang membuatku kuat. Apa saja akan kulakukan demi meraihmu. Meski panasmu semakin membara, aku akan terus berjuang.

(Jungkook then Jimin)
Run run run again, I can’t stop
Run run run again, I can’t help it
No matter what, I can’t do anything but this
I can’t do anything but love you
  
   Keluar dari zona nyamanku. Keluar dari cengkeramanku. Keluar dari semua beban yang menjeratku. Berlari dan terus berlari sampai aku tak bisa berhenti. Berlari dan terus berlari sampai waktu mendahuluiku. Berlari dan terus berlari sampai aku lelah sendiri. Berlari dan terus berlari selama aku masih bisa mencintaimu.

(Jungkook then Jimin)
Run run run again, even if I fall it’s okay
Run run run again, even if I’m a little hurt it’s okay
Even if you say I can’t have you, it’s enough
This fool-like fate curses me

   Masih sanggup berlari? Akan kuteruskan. Terus berlari meski harus terjatuh berkali-kali. Terus berlari sampai luka membuatku berhenti. Tak masalah, aku baik-baik saja. Takdir bodoh ini begitu mengutukku. Sebegitu kuatkah kau, sampai-sampai aku terus mengejarmu padahal kau selalu menyuruhku berhenti? Pura-pura tuli saat kau menginginkanku pergi. Sebegitu bodohnya kah?

(Rap Monster)
(Run) Don’t tell me bye bye
(Run) You make me cry cry
(Run) Love is a lie lie
Don’t tell me, don’t tell me, don’t tell me bye bye

   Jangan, jangan pernah mengucapkan perpisahan. Aku benar-benar tak mau mendengarnya. Lihat, aku sudah berusaha tumbuh sampai sejauh ini. Aku hanya ingin terus bertahan untukmu. Meski kau selalu membuatku menangis. Meski kau selalu membuatku terjatuh. Cinta ini benar-benar membunuhku, namun aku benar-benar tak bisa meninggalkanmu.

(J-Hope)
Everything is over but I can’t stop
I can’t distinguish whether it’s sweat or tears
My stripped-down love, the storm winds passed through
It only makes me run more, together with my heart

   Meski kau meminta untuk mengakhiri semuanya, aku tetap tak bisa berhenti. Terus berlari dan entah mengejar apa. Sampai aku tak bisa membedakan antara lelah dan tangis. Biarkan badai dan angin yang akan menghapusnya. Jatuh, terluka, dan pasrah. Tak ada lagi harapan bagiku. Kau telah meninggalkanku. Kau berlari dengan duniamu sendiri. Tidak, kau bukan hanya berlari. Namun juga terbang. Kau bahkan lupa aku masih berpijak pada tanah gersang ini. Terus menunggumu datang memberikan sayap untukku lalu kita terbang bersama. Lalu aku sadar bahwa sejak awal aku hanya bermimpi. Menghayal indah dengan duniaku sendiri. Kenyataannya kau tak pernah ada disini. Mungkinkah, aku harus berlari –lagi- dengan hati dan perasaanku?

(V)
Make me run more more, make me run more more
Even if my feet are only full of wounds
Because when I see your face I smile

   Baiklah, akan kumulai lagi dari awal. Tapi, darimana aku harus memulainya? Aku sudah tumbuh besar, kelopakku bahkan sudah mekar. Tak mungkin aku melawan hukum yang sudah berlaku. Mustahil jika aku meminta dilahirkan kembali sebagai kuncup. Namun bayanganmu terus saja menggangguku.

(Jungkook then Jimin)
Run run run again, even if I fall it’s okay
Run run run again, even if I’m a little hurt it’s okay
Even if you say I can’t have you, it’s enough
This fool-like fate curses me

   Sial, aku tak bisa melupakanmu bahkan untuk sedetik. Bagaimana caranya agar aku bisa melupakanmu? Aku ingin terbebas dari semua jerat ini. Aku ingin berhenti berlari, namun tak pernah bisa. Sebenarnya, apa yang aku kejar? Bahkan jika aku terus berlari sampai badanku penuh luka pun, aku tak bisa menemukanmu. Aku tahu itu, lalu mengapa aku terus melakukannya?!

(V then Jungkook)
My memories, like a dried flower petal
All break into pieces
At the tips of my fingers, underneath my feet
To below your back that is running away

   Semua kenangan ini seketika hancur, berubah menjadi serpihan-serpihan nista. Layaknya kelopak bunga yang mengering dan berwarna pucat saat jatuh ke tanah. Mereka begitu rapuh saat aku memegangnya. Tolong, kembali. Mereka benar-benar membutuhkan air.

(Jin then Jimin)
Just like shooing a butterlfy, like wondering a dream
I follow your vestiges
Please tell me the way, please stop me
Please let me breathe
 
   Jika bisa, aku akan memilih untuk terus tertidur. Membiarkan mimpi-mimpi indah membuaiku dalam alam penuh khayal. Biarlah hanya dalam mimpi jika itu berarti aku bisa menggapaimu. Aku selalu mengagumi segala sesuatu yang ada padamu. Aku selalu mengikuti apa kemauanmu. Aku selalu berharap ini tak pernah berakhir. Tapi tolong, beritahu aku jalan untuk pulang. Aku ingin kembali ke dunia nyata. Aku lelah bermimpi terus seperti ini. Tolong, hentikan aku sebelum waktu yang menghentikanku. Biarkan aku bernapas dengan bebas.

(Jungkook then Jimin)
Run run run again, even if I fall it’s okay
Run run run again, even if I’m a little hurt it’s okay
Even if you say I can’t have you, it’s enough
This fool-like fate curses me

   Terus berlari sampai aku bisa keluar dari semua mimpi ini. Terus berlari sampai aku bisa bernapas dengan bebas. Meski harus terjatuh dan terluka, aku akan terus berusaha. Mencintaimu memang menyakitkan, namun melupakanmu jauh lebih menyakitkan. Bilang saja kau tak menginginkanku, bilang saja kau ingin pergi. Aku baik-baik saja. Tapi lagi-lagi takdir bodoh ini terus mengutukku. Aku terus mengharapkanmu, mengejarmu, terjatuh untukmu, bahkan terluka untukmu.

(J-Hope)
(Run) Don’t tell me bye bye
(Run) You make me cry cry
(Run) Love is a lie lie
Don’t tell me, don’t tell me, don’t tell me bye bye

   Jangan, jangan pergi. Jangan biarkan aku gila dalam khayalanku sendiri. Meski aku terus menangis untukmu, aku tak ingin semua ini pergi begitu saja. Tetaplah menjadi air untuk kelopak-kelopakku. Tetaplah menjadi matahari untukku. Cinta ini memang penuh dengan kebohongan. Namun bila kebohongan ini bisa membuat bahagia, mengapa tidak? Bukannya ingin terus hidup dalam kebohongan, namun aku benar-benar tak bisa melihat kejujuran yang menyakitkan. Teruslah menjadi peganganku, sampai aku bisa mekar lebih lebar dari ini. Teruslah menjadi peganganku, sampai aku bisa tumbuh lebih tinggi dari ini.


   Doneee. Ini interpretasi dari nae ya. Menurut pribadi nae sendiri, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang terus mencintai kekasihnya meski selalu disakiti. Seseorang yang terus bertahan meski kekasihnya meninggalkannya. Jadi the boys ini ceritanya strong boy(?) kekeke. Gomawo udah nyempetin baca. Maaf kalo interpretasinya berlebihan dan random :D


@rima_dam

Jumat, 20 November 2015

7 Most Favorite Songs


   Hai guys, ketemu lagi sama gue. Yap, dari judul postingan gue ini aja udah bisa pada nebak kan. Tujuh lagu paling favorit versi telinga gue? Hihi, sok recommend bet ya. Oke, ini sekadar referensi lagu aja. Dari dulu sampai sekarang, lagu kesukaan gue selalu berubah ngikutin trend musik. Dan ini gue sedian daftar lagu yang jadi favorit gue untuk saat ini. So, this is very promising, lho. Pokoknya menjanjikan deh! Dijamin bakal penasaran kalo gak scroll ke bawah xD

1. Flashlight-Jessie J
   Dari kacamata gue dalam menginterpretasikan makna lagu sendiri, yang paling gue suka dari lagu ini gak lain dan gak bukan adalah liriknya. Kalo diartiin daleeem banget. Serasa masuk ke dunianya Tante Jessie waktu beliau nyanyi lagu ini. Musiknya lembut-lembut swing, mengayun. Cara bernyanyinya juga sederhana, tapi ngena. Awas senyum-senyum sendiri kalo dengerin lagu ini.
“I got all I need when I got you and I
I look around me and see a sweet life
I’m stuck in the dark but you’re my flashlight
You’re gettin' me, gettin' me through the night”

2. If You’re not the One-Deniel Bedingfield
   Kalopun ada, cewek mana sih yang gak bakal klepek-klepek kalo dinyayiin lagu ini? Serius! Dari awal lagu sampai endingnya, semua menghipnotis. Liriknya, nadanya, suasana lagunya, makna lagunya, bahkan suara Deniel yang agak falset seakan membuat sempurna lagu ini. Hffft, entahlah, gue juga bingung mau ngediskripsiin lagu ini kayak gimana. Habis nih lagu juara banget. Semenjak gue punya lagu ini sampai sekarang, lagu ini tetap awet ada di daftar tertinggi playlist lagu gue. So, don’t forget to download this song!
“I never know what the future bring
But I know you’re here with me now
We’ll make it through and I hope you’re the one I share my life with...”

3. Fall For You-Secondhand Serenade
‘Karena malam ini aku akan jatuh kepadamu’
   Aw aw aw, so sweet banget kan lagu ini. Biasanya, kakak-kakak ICL ngeposting cerpen yang di dalamnya ditulis lirik lagu ini. Jadi makin baper kan :3 Apalagi instrumen pianonya lembut, bikin lagunya jadi makin hidup. Meski di versi kedua udah mulai rock-rock gitu, tapi ke’seksi’an lagunya tuh tetep utuh.
“But hold your breath
Because tonight will be the night that I will fall for you
Over again, don’t make me change my mind
Or I won’t live to see another day
I swear it’s true
Because a girl like you is impossible to find”

4. That Should be Me-Justin Bieber
   Karena penyesalan selalu datang di akhir. Gak mungkin kan di awal. Lagu ini sebenernya nyesek, bikin baper maksimal. Berharap andai masa lalu bisa terulang kembali, mungkin gue akan milih buat jadi pribadi yang lebih baik lagi. Yaah, tapi namanya juga penyesalan. Sebenernya gue lebih suka yang versinya Maddi Jane, karena dia nyanyi seolah-olah mewakili semua cewek yang ada di dunia(?) yang mengalami hal serupa (?). Jadi yaa gitu deh. Baper baper bertebaran~~
“Everybody’s laughing in the world
Rumor’s spreading ‘bout this other boy
Do you do what you did when you did with me?
Does he love you the way I can?
Did you forget all the plans that you made with me?
Cause baby I didn’t”

5. I Won’t Give Up-Jason Mraz
   Mempertahankan sebuah hubungan itu emang perlu. Apalagi kalo hubungannya udah di ambang batas alias mau putus nanggung, kalo dilanjutin juga nanggung. Rela berkorban dan mau melakukan semuanya untuk orang yang disayang. Dan Mas Jason merangkumnya dengan apik di lagu ini. Melodinya yang sendu bikin yang denger jadi baper. Bermodal petikan gitar, tapi lagu ini bisa menghipnotis siapa aja yang ngedengerin. Termasuk gue dong. So, siap-siap baper ya! Awas nyesek sendiri!
“And in the end you’re still my friend
At least we didn’t tend for us to work
We didn’t break we didn’t burn
We had to learn, how to bend?
Without the world caving in
I had to learn, what I got, and what I’m not, and who I am?”

6. Fall-Justin Bieber
   Ini lagu juga bikin baper. War of hormone sih kalo kata gue(?). Mencintai seseorang yang gak sempurna dan menjadikannya sempurna di mata kita. Kek gimana pun keadaannya, dan masih bisa nerima kelebihan dan kekurangannya. Tiap lirik lagu ini sarat makna. Pokoknya, buruan download dan buktikan gih.
“And I ain’t going anywhere
I’m here to make you happy
I’m here to see your smile
I’ve been wanting to tell you this for a long while”

7. Wanted-Hunter Hayes
   Wah wah, gue khawatir nih lagu bakal nyaingin Marry You atau Marry Your Daughter. Tingkat keromantisannya itu loh, gak nahan brooo. Buat ngelamar pasangan keknya cocok juga. Pasti si cewek bakal klepek-klepek menggelepar mirip ikan kalo dinyanyiin lagu ini sama cowoknya. Gak percaya? Mau gue tulis liriknya?
“When I wrap you up
When I kiss your lips
I wanna make you feel wanted
And I wanna call you ‘mine’
Wanna hold your hand forever
And never let you forget it
Cause baby I, wanna make you feel wanted”


So, udah siap dibikin baper sama list lagu-lagu di atas?

@rima_dam arounds the world

Kamis, 19 November 2015

Interpretasi FLASHLIGHT


  Akhir-akhir ini, gue lagi demen banget dengerin lagunya Tante Jessie yang Flashlight. Senter? Yak, bener banget. Flashlight alias senter. Dan sekarang, gue pingin bawain interpretasi lagu ini dan pastinya, menurut pendapat gue sendiri dong. Jadi maklum aja ya kalo random.
   Oke, monggo.
  

When tomorrow comes
I'll be on my own
Feeling frightened up
The things that I don't know
When tomorrow comes
Tomorrow comes
Tomorrow comes

   Hari demi hari kulewati dengan penuh ketakutan. Sendirian, bingung, ragu. Berat rasanya menjalani hari berikutnya. Merasa sendirian dan tak ada satupun yang menemani. Aku takut, takut menghadapi apa yang akan ada di depanku. Besok akan datang. Dan aku tak tahu harus berbuat apa. Aku seperti tersesat dalam gua yang gelap. Tiada seberkas cahaya yang bisa menuntunku pulang.

And though the road is long
I look up to the sky
In the dark I found, I stop and I won't fly
And I sing along, I sing along, then I sing along

   Jalan begitu panjang tanpa bisa kutemui ujungnya. Langit biru cerah dan awan berarak tenang. Namun hanya gelap yang bisa kulihat. Seperti terjebak dalam mimpi buruk. Ingin bangun namun aku hanya bisa berteriak, menelan suaraku sendiri. Dalam gelap itulah akhirnya kutemukan satu titik terang. Aku berhenti, dan mungkin saja aku tak bisa berlari lebih jauh dari ini. Dan mungkin saja aku tak bisa terbang lebih tinggi dari ini. Aku duduk, bernyanyi dan terus bernyanyi. Berharap kau mendengarnya lalu segera datang kepadaku.

I got all I need when I got you and I
I look around me, and see sweet life
I'm stuck in the dark but you're my flashlight
You're gettin' me, gettin' me through the night
Can't stop my heart when you shinin' in my eyes
Can't lie, it's a sweet life
I'm stuck in the dark but you're my
flashlight
You're gettin' me, gettin' me through the night
Cause you're my flash light

   Layaknya menemukan titik terang. Rasanya seperti memiliki sepasang sayap yang membuatku terbang lebih tinggi dari ini. Kau datang dan menjemputku untuk pergi dari mimpi buruk ini. Kita berlari, menyibak awan-awan gelap yang menutupi angkasa. Dan aku merasa hidupku sangat sempurna ketika aku menemukanmu. Kau membawaku pergi dari semua ketakutanku. Kau membawaku berlari lebih jauh dari khayalanku. Tak dapat mendustai ketika kau membuatku luluh hanya dengan tatapan matamu. Tak dapat kupungkiri, inilah hidupku yang sesungguhnya. Ketakutan itu telah hancur, digantikan keberanian dan rasa percaya diri. Kegelapan itu sirna, digantikan cahaya benderang. Karena kaulah cahaya itu. Cahaya yang membawaku keluar dari gua gelap nan panjang. Kaulah cahaya yang menuntunku pulang dari mimpi-mimpi burukku. Itu semua karena kau adalah senterku. Penyinarku.

I see the shadows long beneath the mountain top
I'm not afraid when the rain won't stop
Cause you light the way
You light the way, you light the way
 
   Kini, aku tak lagi takut sendirian. Tak lagi aku terintimidasi akan rasa takutku. Biarkan hujan turun dengan angkuh. Sampai hujan kembali menjadi awan pun, aku akan tetap melawan semua rasa takutku. Takkan kubiarkan mereka menghalangi langkahku. Takkan kubiarkan mereka mematahkan sayapku. Karena aku punya sayap pelindung. Karena aku punya setitik cahaya benderang yang selalu menerangi semua jalanku. Itu semua karena kau adalah senterku. Penyinarku. Bawa aku lari lebih jauh lagi, bawa aku terbang lebih tinggi lagi, maka aku akan menghadapi hari esok dengan lebih berani lagi.

   Alay? Hoho, enggak kok. Tuhkan, apa gue bilang. Ujung-ujungnya juga tetep random. Haha, btw, thanks ya udah mau baca.
@rima_dam