Minggu, 28 Januari 2018

Director's Cut : Teori atau Fangirling?

   SAY THE NAME, SEVENTEEN!

   Oh my Gadeuuu comeback comeback comeback. Finally Seventeen is back with their special album. SPE-CIAL-AL-BUM! (nangis di trotoar karena gada duid buat beli album)


(New logo. Asik)

   So, kali ini Seventeen comeback dengan special album berjudul Director’s Cut. Hm, unik dan terbilang beda dari album mereka sebelum-sebelumnya ya. Karena awalnya gue pikir nama albumnya simpel atau semacam perpaduan angka kayak Al1 gitu, hehehe. Ternyata.... ya emang pinter banget dah ini anak orang bikin gadis terkhesima.

   Anyway, ada yang tahu arti dari judul album kali ini?


   Trans : (Perintah untuk) menghentikan dari sutradara (film). Merupakan versi dari sebuah film yang menggambarkan maksud asli sutradara, dan dirilis setelah versi pertama studio (film) muncul.

   Garis besarnya sih, behind the scene. Jadi mungkin album ini bercerita tentang side story dari album-album sebelumnya.

   Nah, bicara tentang director segala macem, pastinya Caratdeul langsung berpikir ke satu era maupun satu MV. Yup! Same! Teen,age era dan Clap MV.


(Clap MV)


(Can you see that DIRECTOR?)

   Nah, emang ya, Pledis nih suka bangettttt bikin Carat pusing tujuh keliling. Berita comeback tanggal 5 Februari. Tapi udah tanggal 20an, masih adem ayem. Which is menjelang H- comeback grup lain udah mulai kasih teaser segala macam, Seventeen masih selo-selo aja untuk ukuran sebuah boygroup yang tiap comeback selalu bikin gregetan.

   Iya, gregetan! Saking gregetannya gue jadi ingin meniqa dengan Junhwi gading. Mungkin saking gak sabarnya nunggu Pledis drop sesuatu, jadi begitu mereka posting promotions schedule tanggal 25 teng dini hari, woaaaa, langsunglah muncul teori-teori yang bikin gue bilang, “Ah masa cii, yaqin?”


(PHOTO BY THE8!)

   Teori pertama yang muncul adalah jam dinding dan album. Yang mana penampakannya sama dengan satu scene di MV Clap.


(Cuma beda viewnya aja, yang ini dari samping)



   Album di foto pertama, sama kayak album di foto kedua. Disana ada Trauma, Pinwheel, dan Lilili Yabbay. Sedangkan jam dinding menunjukkan pukul 11 lebih 6 menit yang bila dijumlahkan menjadi 17. Pledis mengeluarkan foto tersebut di malam hari, sehingga waktu yang ditunjukkan bisa juga menjadi 23 lebih 6 menit, yang jika dikurangkan menjadi 17. Selain itu, jarum detik di foto tersebut menunjukkan detik ke-13. Seolah menunjukkan bahwa yang mau comeback itu Seventeen. Iya, Seventeen! Masa grup padus sekolahan, ngehehe.

   Oke, teori pertama gue anggap clear. Tinggal nunggu hari berganti dan liat bakal gimana konsep foto yang diupload nanti.

   FYI, untuk album kali ini Seventeen ngeluarin 2 versi album fisik yaitu Plot dan Sunset, serta 1 versi album Kihno, khusus Sunset. Album Kihno itu album elektrik, jadi aksesnya pakai card yang emang udah terhubung ke smartphone gitu. Tapi kalau untuk harga sendiri sih relatif lebih mahal daripada album fisik.

   Okay, back to the topic.

   Then a big goosebumps hit me so hard when I check their twitter.

   OFFICIAL PHOTO FINALLY OUT GUYS! YA ALLAH SUMPAH YA INI TUH HUH. HUH. HUH. SUMPAH YA GUE TUH BENER-BENER GAK BISA CONTROL MYSELF TIAP KALI ADA FOTO BEGINIAN! BAWAANNYA TUH KUDU NANGIS, NANGIS KENAPA MEREKA TUH GANTENG BANGET GILA BUJUBUNENG. CINTA NUNA KE KALIAN LEBIH BESAR DARIPADA CINTA NUNA KE DOI, KETAHUILAH WAHAI SEVENTEEN.


   Mari kita mulai acara tidak manusiawi ini dari, Woozi.



(CUTEEEEE OVERLOADDDDDD)


   Wohoooo, black hair? Again? Ah, gak mau percaya ah. Tapi beneran ya gue tuh suka sama Woozi yang –menurut gue- terlampau sering ‘switch mode’. Tiap member juga pasti sering begini. Which is hari ini mereka manly banget, eh besoknya cute banget. Tapi kalo Woozi, beda. Perbedaan dia dari manly mode sama cute mode itu udah bikin gue gak bisa nengok hal yang sama ke member lain. Padahal, ultimate bias gue si Eisha sering banget begitu kan, Seungkwan juga. Tapi anehnya kalo Woozi yang ngelakuin gue gak bisa berhenti istighfar :’(

   But this pict shows us how person can be so handsome and freaking cute at the same time. TSAAAAAAH.

   Dan karena comeback kali ini masih ada benang merahnya sama Al1 dan Teen,age, so gue juga mau bahas tentang teori. Dimulai dari project part 0,5 before Al1 yaitu dikeluarkannya MV-MV mulai dari hip hop unit, performance unit, dan terakhir vocal unit. Trauma sendiri membahas ketakutan dan kenangan-kenangan kelam serta usaha untuk bangkit dari semua itu. Lilili Yabbay, yang MVnya kelihatan monoton (one shot filming), justru membawa ‘muse’ yang membuat gairah dan semangat kembali berkobar dalam diri. Dan sebagai dessertnya, Pinwheel masih looks like tiramisu, karena si ‘muse’ ini gak seterusnya tinggal. Beberapa kali pergi dan datang lagi. Minta ditunggu dan dijemput. Endingnya juga masih gantung.

   Lalu, muncullah Al1 dengan Don’t Wanna Cry yang menjawab ending dari semua benang merah tadi. Ternyata sad ending. Karena rupanya semua effort yang dilakukan belum mampu bikin trauma hilang. Belum mampu bikin ‘muse’ tetep stay, juga belum mampu bikin perubahan yang signifikan.

   Kasarnya, frustasi, sedih, emosi, semua nyampur jadi satu.

   Dan Change Up sendiri menceritakan tentang perubahan ke arah yang lebih baik tanpa melupakan kerja keras yang dulu menjadi titik berat atas prestasi yang telah dicapai, maupun kalimat-kalimat haters yang semakin bikin mereka bangkit dan termotivasi (disini gue bahas secara universal dan dari sudut pandang gue pribadi, which is gak melulu tentang cewek dan cinta-cintaan).

   Barulah di era Clap, mereka berusaha untuk bangkit lagi dari semua kegagalan itu. Semua dibawa seenjoy mungkin sampai keempat siklus tadi kembali berulang, dan menemui ending yang jelas.

   (I’m so sorry for the random theory. As you know, I just write this with my own opinion ><)

   Nah, ngomongin benang merah, coba kalian perhatikan foto Woozi yang bawah. Ada rumus dan titik air, kan? Ternyata di teaser Al1 Woozi sendiri, kedua benda itu juga ada, lho.



#cryinmanylanguages #resikostanSeventeen #resikojadiCarat #maunangistapiudahgede #dontwannacry

   Next, aciaaaaa, aa’ Vernon laflaflaf ><




(Deskripsi keindahan sunset yang haqiqi)

   Look at this creature. Look at how perfect he is as human being. God too unfair when made him, like God put too many elemens that made him look so unreal. Because in the fact he’s so cool so expensive so unbelievable so pure so kind so handsome so flawless. No regret in loving Vernon because he’s lovely and sooooo meaningful (speak in one long breath).

   FYI, gue trembling pas mau save foto Vernon :”)

   Actually, kalo kalian bener-bener perhatiin foto teaser member sama video teaser di Al1, semua berhubungan. Cuma ada beberapa foto yang gue sendiri masih kesulitan buat buktiinnya. Which is dimana Pledis dropin fotonya emang selang-seling. Pertama cluenya keliatan jelas, terus selanjutnya cluenya susah buat ditangkap. Untuk punya Vernon sendiri, gradasi sunset warna oranye itu masih sama kok, sama teasernya.


   Okay, berikutnya, untuk seorang bias wrecker, this is Dokyeom (ciye ngetiknya kepasan dengerin She Didn’t Love Me dong).
  


(Sampahnya banyak banget itu mas. Dibuang kek, udah kaya kenangan aja)


   Komuknya seolah nantangin,

   “Udah minta restunya? Direstuin gak? Ya udah kalo dapat restu sok atuh tentuin tanggal nikahnya.” (maaf tidak menerima protes via online).

   GANTENG BANGET IYA GANTENG GIMANA GAK GANTENG ITU HIDUNGNYA YA ALLAH, TINGGI BANGET KEK CITA-CITA GUE HEHEHE. Ya pokoknya si Dikey ini emang proporsi yang sempurna pake banget udah. (NANGIS MANHI-MANHI)

   Oke, back to theory. Layar di belakang DK juga teaser Al1.


   Kenapa kalau 3+7+3+3 dijumlahkan hasilnya cuma 16? Dan kalau kalian perhatikan, description di teasernya DK ini bunyinya, “In the place thirteen pieces can be completed.” Thirteen pieces sama juga dengan Seventeen, lalu kenapa jumlahnya kurang 1?



   Karena leader akan melengkapi kekurangan itu. Btw itu teasernya Woozi, yang mana di ending berlanjut ke S.Coups. Ada angka 4643 yang kalau dijumlah hasilnya jadi 17. Jadi ibarat tali, description DK tadi bakal dijawab sama S.Coups.

   “In the place thirteen pieces can be completed, I’ll complete them.

   Terlebih di teaser Al1 S.Coups, description dia, “I was afraid and anxiuos since I was all alone.”


   Yang lalu diakhiri pertemuan dengan Jeonghan dan secara otomatis description dia berubah, yang mana gak terjadi di video member lain.

   “Nevertheless we met on thirteen different paths and eventually.


   Yang mana berarti bahwa S.Coups ini takut being alone dan dia berusaha nyari ‘kepingan’yang hilang. Melengkapi bagian yang ganjil. Sampai akhirnya ketemulah dia sama 12 kepingan lain (atau juga 16 sebelum jadi 17).

   EHEHEHE KOK ANEH GINI YA?


(Ya udah iya)
  
   Next, our Boo Seungkwan!



(Bagi chikinya dong, dek)


   Imut parah parah parah. Sangat parah gue sampe terjungklanq saking silaunya ciaaaaa. Bersinar terang kek masa depan gue hehehe. Tolong ya, Seungkwan emang gak pernah salah jadi list bias gue mwah. Sayang dede Boo nuna mah pokoknya.

   Nah, ini baru susah buat gue telusuri cluenya :D tau sendiri kan, kalo teaser Seungkwan itu di tempat laundry? Sementara di official photonya, warnanya terlalu monoton buat nunjukin suatu objek.


(Bibi pulang kampung lama amat. Jadi laundry deh bajunya)  

   Lanjut ke official photo Wonwoo.



(Loh, ini chikinya dibagi berdua sama Seungkwan ya? Wkwk)
(Wonwoo yang mengerucutkan bibir, gue yang gemashh)


   Ah pertama kali liat, mirip DK masa L sumpah ganteng banget banget banget nget nget ini Jeon Nonu seriusan gak bohong ya Allah L pantesan sih ya banyak yang ngestan :D

   Dan lagi, kalian akan menemukan kesamaan antara background di belakang foto Wonwoo dengan video teaser dia di Al1. Yap, sebuah tulisan dari channel TV yang berbunyi, “An Aaron Spelling Leonard Goldberg Production Of”.


   Hari kedua, Pledis kembali dropin official photo. DAN ITU GILA. BENER-BENER GILA. JUST BECAUSE THE8 DIKELUARIN BARENGAN SAMA JOSHUA. GILA DEH GILA GAK WARAS LAGI. BIAS GUE SEMUA INI DUH T.T



(A very popular designer named Kim Mingyu starts making his new brand)


   God, why you put me in the world with people like this? :’))))))))))) sebagai manusia biasa gue jelas gak bisa menolak pesona Kim Mingyu yang mampu meluluhlantakkan hati berjuta gadis di dunia. Ah tapi mau ngestan saingannya banyak. Resiko jadi bias sejuta umat, sih. Wkwk.

   Tapi serius sih ya. Mingyu cuma pake baju rajut begitu tapi kenapa ganteng banget sih? T.T BODO AMAT.


   Dua jam yang sama menunjukkan waktu berbeda. Jam ini juga ada di layar belakang official photonya Mingyu di atas. Jam pertama di sebelah kiri, memantulkan bayangan sebuah ruangan dengan banyak lukisan menggantung di dindingnya. Sementara jam di sebelah kanan, memantulkan bayangan jendela dan tirai. As long gue masih belum nemu keterkaitan antara jam ini, maybe kalo ada yang punya opini bisa coret-coret di komentar, ya J


(EXCUSE ME, MINGYU? WONWOO?)


(Objeknya serba dua ya, hm. Tapi sebenernya apel yang satu bekas gue kok, hehe. Kan tadi Mingyu habis panen apel, jadi dimakan barengan deh)


(Bahkan Mingyunya ada dua L)

   Tapi, yang paling ngena tuh sebenernya description Mingyu. Another chapter of my life began since I met you coy, gimana gak scream kan lu-lu pada. Ngehe. Mungkin alasan semua benda dibikin dua, karena gak lain merefleksikan deskripsinya tadi. Eh tapi di ending, teaser Mingyu nyambungnya ke Wonwoo, loh. Ciecie Meaniequh. Jadi maksudnya, another chapternya Mingyu began habis dia kenal sama Wonwoo, gitu? Iyain aja deh.


(Ya Allah, Nonu ngantuk)

   Yoho, sekarang giliran my precious Seo Myungho! (mendadak pusing, deg-degan, bingung, mau nangis tapi malu udah gede)


(Me right now)



   GONDRONG MESKI CUMA SEUPRIT ASDFGHJKL.

   XU MINGHAO DUH GUSTI. YAH YAH NANGIS GUE NANGIS T.T


   Allahuakbar itu rambut! Rambut! Aelah ya Allah T.T Akhirnya Eisha comeback setelah sebelumnya sempet cidera sampai gak bisa manggung LLLL ya Allah kangen beneran kangen dan akhirnya dia kembali. Betapa senangnya akikaaaaaaaaa!


   So guys, ini adalah member yang biasa masuk bottom three dalam voting apapun. Member yang apa-apa stuffnya selalu dijual dengan harga termurah. Member yang kebagian part nyanyi paling sedikit. Member yang mungkin underrated di mata lo.

   But, believe me. Gue stan The8 jauh sebelum era Pretty U dimana dia mulai menggoyahkan list bias orang. Jauhhh sebelum akhirnya ada lagu duet China line. Bahkan stan Vernon yang notabenenya first bias gue pun, itu cuma sebentar. Langsung habis itu lari ke The8.

   Gue sayang banget banget bangetan sama dia. Kata-kata rasanya gak pernah cukup buat wakilin perasaan sayang gue. Percayalah, he grows better tiap Seventeen comeback. And he deserves love and support from the whole world.

   (Ngetik ini sambil sesenggukan)

   Tapi asli soft banget wajahnya, mau nangis. Kayaknya comeback kali ini dia balik ke era Mansae deh heuheu.

   Next, we have Hoshi aka Edward Kwon.



(Ganteng pak iya ganteng)

   TATAPANNYA ALLAHUAKBAR MENGHUNUS DALAM HINGGA RELUNG HATIKU. Oke. Abaikan. Suka lost control emang kalo liat Hoshi huuuuuh bawaannya mau kolaps duluan. Tapi sadar diri karena gak ada yang gendong sih mau gimana lagi.

   Perhatikan buku dan pulpen yang dipegang Hoshi.



   Gambar yang sama juga terdapat di official photonya si Woozi. Dan yang dipegang Hoshi itu adalah buku koreo. I’m still not sure, but Hoshi pernah upload gambar koreo ke Instagram. Tapi gue belum terlalu yakin buku yang dia gunakan buat nulis koreo itu sama atau beda sama buku yang dia pegang di foto ini.

   Tapi coba kita telaah dari persamaan ini. Itu artinya, akankah Soonhoon bakal bikin lagu duet –lagi-? Oh my God, kalo beneran sih, gak bakal kuat gue :’

   Lalu ada Joshua yang gila gak kalah softnya cyin. Mabok gue.



   Okay, sejenak mari kita lupakan teori karena foto ini terlalu menarik untuk dilewatkan. Coba lihat outfit yang dipakai. Sweater kebesaran yang membuat tubuh kurusnya tenggelam (HALAH FF BANGET SIST). Sweater simpel yang malah bikin dia makin cute OH MY GOD senang sekali akika kalo comeback kali ini Joshua balik lagi ke mode cute wkwkwk. Soalnya pas tau dia manly dan pamer jidat di Clap kemarin, entah kenapa geli sendiri huhuhu. Bukannya gak suka ya, tapi lebih suka Joshua yang kalem gitchu deh.


  
 Okedeh, keran air yang sama dengan official photo di atas.


   NAH INI. Ceritanya dua orang itu Joshua sama Mingyu bukan sih? Soalnya kan, di akhir teaser Joshua, nongolnya Mingyu.... Apa jangan-jangan, album kali ini giliran Minshua lagi yang duet? NAHLOH. Biarin aja gue bikin teori gak jelas begini.



(Atau malah duet sama Woozi?!)

   Ah, mbok ya duet sama DK :D

   Dan hari ketiga, gak kalah bikin deg-degan cyin. Sumpah nungguin official photonya Jun keluar tuh udah kaya nunggu nilai ujian keluar L Nanti kalo Junnya gimana-gimana, gimana dong? Fyi gue selalu ambyar kalo sama Jun. Bawaannya mau minta dikurung -___-



(Ya namanya juga Yun Junghan. Hobinya mah bobo mulu wkwk)


   WHOAAAA manly banget kamu Yoon :’( gila sih ya, Jeonghan dari comeback ke comeback itu termasuk yang selalu tampil beda. Gak rambutnya aja, tapi kualitas vokal dia juga terus meningkat. Sejak Don’t Wanna Cry dan lanjut ke Pinwheel, Jeonghan udah nunjukin perkembangan yang ruarrr biasa.


(Pensilnya sama? Jangan-jangan....ah bodo amat)

   OH MY GOD IT’S JUN!




   Uhuy ganteng banget coyyyyyyyy!!!!! Gila ya, kenapa bisa gue kelepek-kelepek sama lelaQ tiongkoQ yang satu ini. Sebenarnya apa yang terjadi padaku Tuhaaaaaan.

   Lihat tuh. Wajah oke, hidung oke, rambut oke, mata oke, bibir oke, semuanya pokoknya okeeeee!!! INI JUNHWI STAN MANA SUARANYAAAAAAA?

   Eit, tapi coba kalian perhatian piringan bermerk Ampex 407 di atas.


   Rupanya Ampex 407 ini recording device, guys. Penjelasan lebih lanjut ada di bawah nanti, ya.


   EXCUSE ME MUN JUNHWI, WHAT THE HELL ARE YOU WEARING? CHOKER? ARGH, RIBBON CHOKER?

   Kampret. Junhwi with neck accessory is my big weakness.

   Berhubung nyampe Junhwi, jadi mari kita bahas teori.

   Teaser Jun di Al1 diawali dengan audio yang merduuuu banget. Wkwk, rasanya kaya lagi nelpon gue gitchu. Dia jalan ke meja dimana banyak banget postcard, terus dia ambil satu postcard yang –sumpah- tulisannya gak bisa gue baca wkwk. Di bawah postcard ada angka 1013. Terus Jun nyari-nyari kamar itu deh.


   1+0+1+3 = 5. Menunjukkan tanggal comeback gitu maksudnya? Hm, boleh juga nih.


   Terus, pas dia masuk, tiba-tiba layar mendadak gelap, dan muncullah The8.


   Owaaaaa, apaqa, apaqa Junhao bakal bikin lagu duet lagi? Aciaaaaa jangan dong, gue yang gak kuat. Jiwa shipper gue yang menderita L etapi, gapapa sih ciaciacia. Apalagi descriptionnya Jun gitchu banget deh.

   As the door opened, I was faced the new destiny.

   Ya udah iya destiny kamu si The8 aja. Gue manut.

   Berikutnya ada si maknae ganteng Dino.



(Tontonannya How the Grinch Stole Christmas nih yeee)


   Ulala beybeih si maknae uey, lieur jadinya aing. Yang kayak begini jadi maknae :> suka kenapa gitu ya, hm. Sekarang jauh-jauh tuh slogan Dino nugu aegi wkwk.


   Ini apa sih ya namanya? Kitiran bukan sih(?) wkwkwk.

   Dan terakhir, kita punya leader S.Coups!!! Ayeayeaye.



(Milea, jangan makan, nanti kamu tambah berat. Biar aku aja)


   Hm, menghadap ke belakang –lagi- pak?




(SAY THE NAME, SEVENTEEEEEEEEN!!!)



   Leader menghadap ke belakang untuk memastikan member yang lain baik-baik saja bersamanya :”) DUH GUSTI. DALEEEEEEEEM. Jadi tuh S.Coups seolah yakinin Carat kalo, “Don’t be afraid of everything as long as we are together.” TSAAAAAH.


(Ingat description bapak Seungcheol, kan? I was afraid and anxious since I was all alone)
   Kali ini member lain menghadap ke belakang, sementara leader menghadap ke depan. Seolah mengatakan bahwa selama ini mereka baik-baik saja dan tumbuh bersama dalam satu grup.


(Don’t be afraid and anxious, leader. Now we’re together)

   SIAPA YANG MOTONG BAWANG DI DEPAN GUE WOY? MAJU KAGAK LO!

   Setelah melalui uraian panjang di atas, secara garis besar yang bisa gue simpulkan yaitu :
Trauma, Lilili Yabbay, Pinwheel : Prologue
AL1 : Story
Change Up : Side story (terpisah dari main story)
Clap : Epilogue
Producer’s Cut : Sequel
How about you?


   Kalo kalian perhatikan, sebenarnya tiap foto di versi Plot ini nunjukin hobi dan kesenangan tiap member. (Ps : bukan berarti bias gue The8 terus foto dia gue taruh di tengah. Di foto grid emang gue urutin dari foto pertama yang muncul yaitu Woozi sampai terakhir S.Coups. Dan pas editannya jadi ya emang dia di tengah gini.

   Woozi jelas compose lagu. Vernon bawa botol yang diasumsikan sebagai mic, yaitu alat yang bantu dia ngerap. DK udah jelas nyanyi. Seungkwan ngemil lucu banget >< Wonwoo dan game. Mingyu nunjukin kegemarannya di bidang fashion. The8 dan hobinya jepret sana-sini. Hoshi dan buku koreo yang nunjukin kalo dia demen banget ngedance. Joshua dan gitar, terpampang nyata. Jeonghan ya tidur wkwk. Jun yang pernah bilang mau jadi produser mulai ribet sama recording devicenya. Dino yang dinobatkan sebagai penonton setia Going Seventeen abkhirnya mulai belajar filming. Dan S.Coups yang juga doyan makan.


(SO WHICH ONE DO YOU WANT TO BUY, GUYS? BOTH OF PLOT OR SUNSET VERSION ARE SO UNIQUE, gue gak bisa milih huhu)

   ARRRGH pokoknya gue gak sabar nunggu comeback mereka kali ini! Mudah-mudahan Seventeen kasih surprise yang lebih lebih dan lebih lagi, gak hanya buat Carat tapi juga industri musik Korea dan internasional. AMIN. Dan mudah-mudahan, comeback kali ini Seventeen bawa banyak piala yeyeye. MARI KITA DUKUNG THE BOYS, GUYS.

   Sekali lagi, teori yang gue sampaikan 50% pemikiran pribadi, 50% hasil diskusi di twitter dan juga line. Kalo ada tambahan, kuylah join komentar di bawah.

   See you on February 5th!

   Eh, gak juga sih. Ya pokoknya habis ini gue balik buat review MV terbaru mereka nanti. Please keep staying ;)




Written with a lot of proud and happiness,
@bubblethe8


1 komentar:

Director&#39;s Cut : Teori atau Fangirling?

    SAY THE NAME, SEVENTEEN!    Oh my Gadeuuu comeback comeback comeback. Finally Seventeen is back with their special album. SPE-CIAL-...